Skip to main content
x

Sejarah

Sejarah

Lembaga ini bernama Pusat Pelayanan Psikologi dan Konseling Universitas Syiah Kuala disingkat PPPK Unsyiah. Didirikan sejak tahun 1985. Sebagai suatu Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang menunjang dan mengembangkan program Universitas, PPPK berada di bawah pengawasan atau naungan Wakil Rektor Bidang Akademik (Warek. I).

Sebagai UPT, awalnya lembaga Pusat Pelayanan Psikologi dan Konseling Unsyiah ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa untuk mencapai kesuksesan dalam belajar di PT. Namun melihat konflik sosial yang berkepanjangan, khususnya dampak sampingan yang dimunculkan pada masa DOM, yaitu banyak masyarakat yang mengalami gangguan psikologis berupa reaksi trauma, stress akut dan bahkan simptom-simptom yang mengarah kepada gangguan stress pasca trauma (Post Traaumatic Stress Disorders);  maka sesuai dengan  tri darma Perguruan Tinggi (Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian) Universitas memandang perlu ikut terlibat membantu menanggulangi permasalahan yang dihadapi masyarakat (khususnya individu yang mengalami gangguan psikologi pasca peristiwa traumatis)

Pusat Pelayanan Psikologi dan Konseling Unsyiah,  secara aktif telah menyusun dan mengimplementasikan program-program trauma konseling baik ke dalam (program internal) yaitu untuk mahasiswa dan civitas akademika lainnya) maupun ke luar (program eksternal) untuk siswa dan guru SD, SLTP, SLTA, masyarakat korban tindak kekerasan seperti janda korban tindak kekerasan, membantu meningkatkan keterampilan para relawan pada NGO RATA, rekrutmen dan pembinaan karyawan diberbagai perusahaan serta penelitian-penelitian.